Selasa, 24 April 2012

Bank Syariah Bukopin Belum Minat Terbitkan Sukuk Iwan Supriyatna - Okezone

Senin, 23 April 2012 14:26 wib
Ilustrasi. (Foto: okezone)
Ilustrasi. (Foto: okezone)
JAKARTA - PT Bank Syariah Bukopin belum berminat untuk menerbitkan sukuk. Bank ini lebih tertarik untuk membeli sukuk dari perusahaan lain.

"Untuk saat ini belum ada penerbitan sukuk, kami justru ingin membeli," ujar Direktur Utama Bank Syariah Bukopin Riyanto usai pembukaan cabang baru Bank Syariah Bukopin di Kelapa Gading, Jakarta Barat, Senin (23/4/2012).

Bukopin Syariah justru tengah mencari sukuk sebagai alternatif produk yang dimiliki perbankan berbasis syariah tersebut. Riyanto mengatakan Bukopin Syariah tengah mengelola sukuk senilai Rp10 miliar.

Pada Februari lalu, Bukopin Syariah juga bekerja sama dengan PR Andalan Artha Advisindo Sekuritas untuk penjualan sukuk ritel negara Seri SR-004. Posisi Bukopin Syariah sebagai sub agen penjualan, dalam hal ini Bukopin Syariah ingin menambah pengelolaan sukuk senilai Rp50 miliar. "Rencananya Bukopin syariah mengincar sukuk pemerintah, kalau sukuk pemerintah sudah jelas ratingnya," terang Riyanto.

Ke depannya, Riyanto berharap, Bukopin Syariah bisa mengelola sukuk dengan jumlah yang lebih besar lagi. Bagi Bukopin Syariah, sukuk akan sangat bermanfaat bagi peningkatan fee based income. Tercatat Per Maret 2012 dana pihak ketiga Bukopin Syariah meningkat sekitar 42,68 persen, yaitu dari Rp1,5 Triliun menjadi Rp2,24 triliun.

Total pembiayaan Bukopin Syariah juga mengalami peningkatan dari Rp1,496 Triliun menjadi Rp2,024 Triliun. Pembiayaan terbesar berasal dari perdagangan, yaitu sekitar 40 persen dari total pembiayaan, sisanya berasal dari pendidikan dan kesehatan.

Total aset Bukopin Syariah saat ini adalah Rp2,685 Triliun dengan posisi CAR 14,62persen. Riyanto menyebutkan Bukopin syariah terus berupaya menjaga CAR di atas 12 persen. (wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar