Minggu, 15 April 2012

Perbankan Syariah Indonesia Terbesar ke-4 Dunia

BOGOR, (PRLM).- Wakil Presiden Boediono mengatakan, aset perbankan syariah Indonesia saat ini menduduki peringkat keempat di dunia, setelah Iran, Malaysia, dan Arab Saudi. Total aset perbankan syariah Indonesia per akhir 2011 mencapai lebih dari Rp 140 triliun.
"Dalam catatan saya rata-rata pertumbuhan perbankan syariah di dunia sekitar 10 hingga 15 sementara pertumbuhan aset perbankan syariah di Indonesia dalam lima tahun terakhir mencapai rata-rata 40 persen," katanya saat Rapat Kerja Nasional Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2012 di Bogor, akhir pekan lalu.

Wapres mengatakan, pertumbuhan saham syariah, sukuk dan reksadana syariah juga sangat menggembirakan. Kapitalisasi saham syariah hingga akhir tahun lalu mencapai Rp 1.414 triliun dan outstanding sukuk mencapai lebih dari Rp 5,4 triliun.

Dengan pencapaian ini, kata Boediono, pemerintah terus melakukan berbagai upaya agar ekonomi bisa tumbuh dengan baik. "Selain itu pemerintah juga menciptakan kesempatan yang makin merata bagi semua warga negara untuk tumbuh dan berkembang sesuai kemampuannya," katanya.

Dikatakan, pemerintah akan terus melakukan penanggulangan kemiskinan dengan menyediakan bantuan langsung di bidang pendidikan, kesehatan, penyantunan sosial kepada masyarakat kurang mampu maupun dengan mendukung usaha kecil dan menengah. "Hal tersebut dilakukan melalui berbagai program yang dapat membantu percepatan kemampuan mereka untuk berkembang dan mandiri," katanya.

Wapres Boediono meminta organisasi tersebut terus melakukan kegiatan nyata khususnya dalam bidang pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia. Seiring dinamika sosial saat ini LDII diminta ikut membantu pemerintah dalam mendorong pembangunan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Ketua Umum LDII Abdulah Sam, Indonesia masih bergelut dengan angka kemiskinan yang tinggi. Indeks Pembangunan Manusia Indonesia (HDI) Tahun 2011 menunjukan berada diurutan ke-124, atau berada di posisi menengah padahal Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. (A-78/A-89)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar